RPP dan Silabus KTSP SD Kelas 3 Semester 1 dan 2, Kurikulum merupakan persepsi, cita-cita, dan hasil pengalaman, yang
dijadikan sebagai pedoman, gagasan, panduan, program, rencana, dan
produk yang dibuat secara sistematis sebagai bahan ajar yang
dioprasionalkan atau dilaksanakan dalam segala aktivitas belajar
mengajar untuk mendisiplinkan, membentuk, dan melatih peserta didik,
menjadi keluaran atau lulusan yang diharapkan. Dari simpulan tersebut
kurikulum secara dinamis dapat berubah-ubah menyesuaikan dengan berbagai
perubahan dan keadaan yang terjadi yang mempengaruhi bentukan dari
peserta didik.
Pengertian Silabus
Menurut para ahli:
Silabus adalah garis besar, ringkasan, ikhtisar, atau pokok-pokok isi/materi pembelajaran (salim, 1987:98)
Silabus
merupakan seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan pembelajaran
dan penilaian yang disusun secara sistematis memuat komponen-komponen
yang saling berkaitan untuk mencapai penguasaan kompetensi dasar
(Yulaelawati, 2004:123)
Silabus adalah rencana pembelajaran pada
suatu kelompok mata pelajaran dengan tema tertentu, yang mencakup
standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pembelajaran, indikator,
penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar yang dikembangkan oleh
setiap satuan pendidikan (Mulyasa,2010:190)
Pengertian RPP
RPP
merupakan persiapan yang harus dilakukan guru sebelum mengajar.
Persiapan disini dapat diartikan persiapan tertulis maupun persiapan
mental, situasi emosional yang ingin dibangun, lingkungan belajar yang
produktif, termasuk meyakinkan pembelajar untuk mau terlibat secara
penuh. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan silabus mempunyai
perbedaan, meskipun dalam hal tertentu mempunyai persamaan. Silabus
memuat hal-hal yang perlu dilakukan siswa untuk menuntaskan suatu
kompetensi secara utuh, artinya di dalam suatu silabus adakalanya
beberapa kompetensi yang sejalan akan disatukan sehingga perkiraan
waktunya belum tahu pasti berapa pertemuan yang akan dilakukan.
Sementara itu, rencana pelaksanaan pembelajaran adalah
penggalan-penggalan kegiatan yang perlu dilakukan oleh guru untuk setiap
pertemuan. Didalamnya harus terlihat tindakan apa yang perlu dilakukan
oleh guru untuk mencapai ketuntasan kompetensi serta tindakan
selanjutnya setelah pertemuan selesai.
Pengertian Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran
adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa
agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. Kemp
(1995). Dilain pihak Dick & Carey (1985) menyatakan bahwa strategi
pembelajaran adalah suatu set materi dan prosedur pembelajaran yang
digunakan secara bersama-sama untuk menimbulkan hasil belajar pada
siswa.
Strategi pembelajaran merupakan hal yang perlu di
perhatikan oleh seorang instruktur, guru, widyaiswara dalam proses
pembelajaran. Paling tidak ada 3 jenis strategi yang berkaitan dengan
pembelajaran, yakni: (a) strategi pengorganisasian pembelajaran, (b)
strategi penyampaian pembelajaran, dan (c) strategi pengelolaan
pembelajaran.
PEMBAHASAN
Peran Kurikulum, Silabus, RPP dan, Strategi Pembelajaran
Kurikulum
Kurikulum
bisa diartikan sebuah program yang dicita-citakan serta menjadi tujuan
yang wajib dikuasai peserta didik yang direncanakan melalui silabus lalu
dipersiapkan melalui RPP dan dilaksanakan enggunakan metode
pembelajaran.
Kurikulum yang dibuat haruslah tetap dan
sesuai dengan kebutuhan masyarakat di zamannya serta cocok akan budaya
dan lingkungan agar lulusannya mampu secara mandiri hidup di kalangan
masyarakat dengan berpegang teguh dan mengamalkan apa yang telah
dipelajarinya sebagai pedoman hidup maupun sebagai keahlian dalam
keprofesian.
Silabus
Dalam proses perancangan silabus
harus ditentukan secara matang sehingga tepat, sesuai dan tetap pada
pedoman kurikulum dan tidak melenceng dari tujuan kurikulum yang telah
dibuat.
RPP
RPP yang dibuat haruslah
sedetil mungkin sesuai dengan kebutuhan dan tututan silabus yang telah
dirancang sebelumnya sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran dapat
dilangsungngkan secara lancar, teratur, terkontrol dan nyaman tanpa
kendala.
METODE PEMBELAJARAN
Segala
program perencanaan dan persiapan yang telah dibuat hendaknya
dilaksanakan menggunakan metode yang tepat, salah dalam memilih metode
pembelajaran maupun kurangnya kompetensi guru dalam penguasaan metode
pembelajaran dapat berpengaruh besar terhadap kurang optimalnya hasil
output atau lulusan atau malah menghasilkan lulusan yang tidak
berkompeten.
KESIMPULAN
Kurikulum, silabus, RPP
dan metode pembelajaran merupakan hal berkesinambungan yang tak dapat
dipisahkan, semuannya saling mempengaruhi dan tak dapat berdiri sendiri,
karena proses belajar mengajar tak akan berlangsung sempurna tanpa
kelengkapan dari segala aspek tersebut. oleh karena itu keempat aspek
tersebut harus dibuat dengan matang dengan berdasarkan segala landasan
dan dipertimbangkan faktor-faktor yang disesuaikan dengan fenomena yang
ada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar