Kamis, 30 Juli 2015

Sistem Baru Rekrutmen Guru CPNS

Sistem Rekrutmen Baru Guru PNS Sistem Rekrutmen Baru CPNS Wajib SM3T, Ingin Jadi Guru PNS?? Maka wajib Mengajar di pedalaman dulu.
Jadwal Penerimaan Tes Pendaftaran CPND 2015 Online, Sistem baru rekrutmen guru CPNS dengan program sm3t, Pendaftaran dan Penerimaan CPNS Tahun 2015, Sistem Rekruitmen CPNS baru 2016-2017, Sistem Penerimaan Pegawai Online
Sistem baru rekrutmen CPNS wajib SM3T akan dimulai tahun depan, dengan sistem tersebut, bisa dikatakan bahwa perekrutan guru PNS sedikit sama dengan perekrutan dokter. Hal ini didasarkan pada kesamaan mengabdi di daerah terpencil dahulu. Baca selengkapnya>>

Selasa, 28 Juli 2015

Aplikasi Dapodikdas Terbaru Versi 4.00

Inilah Aplikasi Dapodikdas Terbaru Versi 4.00, Download Aplikasi Dapodikdas Terbaru Versi 4.00, Aplikasi terbaru ini menggantikan aplikasi Dapodikdas versi 3.03 dan aplikasi Dapodikdas versi 3.04
Aplikasi Dapodikdas Terbaru Versi 4.00, Download Aplikasi Dapodikdas Terbaru Versi 4.00
Untuk tahun ajaran baru yang akan datang sebentar lagi maka operator sekolah harus mempersiapkan beberapa data, antara lain: data peserta didik baru kelas 1 SD atau kelas 7 untuk tingkat satuan SMP. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah pembaharuan data peserta didik dan tenaga pendidik serta sarpras sekolah. Baca selengkapnya>>

Sabtu, 25 Juli 2015

Informasi Pendaftaran Online Jalur Mandiri PTN

Informasi Pendaftaran Online Jalur Mandiri PTN, Seleksi Penerimaan Calon Mahasiswa Baru Jalur Mandiri PTN, Jalur Mandiri PTN Yang Masih Dibuka, Jalur Alternatif Penerimaan Mahasiswa Baru, Situs / Website resmi Jalur Mandiri PTN, 2015/2016
http://www.caraterbaru.web.id/2015/07/cara-pendaftaran-online-jalur-mandiri.html
Jalur Mandiri PTN merupakan sebuah jalur seleksi penerimaan calon maba yang dilaksanakan secara khusus oleh panitia dari Perguruan Tinggi. Mengenai Jalur Mandiri di setiap perguruan tinggi adalah berbeda tiap instansi. Baca selengkapnya>>

Kamis, 23 Juli 2015

Cara Mengecek Nomor Registrasi Guru di Internet

Cara mengecek nomor registrasi guru di internet, Cara mengecek NRG guru via online, Cara cek NRG Guru Sertifikasi, Tips Cara Mengecek Nomor Registrasi Guru NRG 2015 maupun guru dikdas
Cara Mengecek NRG Guru Secara Online, Cara mengecek nomor registrasi guru di internet, Cara mengecek NRG guru via online, Cara cek NRG Guru Sertifikasi, Tips Cara Mengecek Nomor Registrasi Guru NRG 2015 maupun guru dikdas
Untuk tenaga pendidik atau guru, NRG menjadi sangat penting karena merupakan Nomor Registrasi Guru yang  penting sekali bagi Guru yang sudah diSertifikasi. Untuk itu bagu guru yang ingin mengecek NRG nya menuju website resmi PTKDIKMEN Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Berikut cara mengeceknya. Baca selengkapnya>>

Selasa, 21 Juli 2015

Sistem Pendataan Ulang PNS Elektronik 2015

Cara Pendataan Ulang PNS Elektronik 2015, Sistem Pendataan Ulang PNS Elektronik 2015, Cara Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil Melalui E-PUPNS Tahun 2015, Sosialisasi Pelaksanaan e-PUPNS 2015, Juknis/Pedoman PUPNS, Cara Registrasi Pendataan Ulang PNS (PUPNS) Online, Cara Registrasi Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil (PNS)
http://www.caraterbaru.web.id/2015/07/cara-pendataan-ulang-pns-elektronik-2015.html
Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk tahun ini melakukan Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil (PUPNS) nasional yang pelaksanaanya via online. Kegiatan tersebut dimulai bulan juli ini hingga Desember 2015 mendatang. Baca selengkapnya>>

Kamis, 16 Juli 2015

Cara Melihat Pengumuman SBMPTN 2015/2016

Cara Melihat Pengumuman SBMPTN Terbaru, Cara Melihat Pengumuman SBMPTN 2015/2016, Cara Melihat Pengumuman SBMPTN, Pengumuman Kelulusan SBMPTN, Pengumuman Jalur Nasional (SBMPTN), Pengumuman Penerimaan Mahasiswa Baru jalur SBMPTN, Cara Melihat Pengumuman Hasil Seleksi SBMPTN, Cara Melihat Pengumuman Hasil Tes SBMPTN, Cara Mengakses Pengumuman Hasil Ujian SBMPTN, Cara Cek Hasil SBMPTN, pengumuman.sbmptn.or.id, 2015/2016
http://www.caraterbaru.web.id/2015/07/cara-melihat-pengumuman-sbmptn-terbaru.html
Cara Melihat Pengumuman SBMPTN dapat dilakukan dengan cara menuju website resmi yakni Baca selengkapnya>>

Selasa, 14 Juli 2015

Info Pendaftaran untuk Jalur Online STAN

Cara Pendaftaran Online STAN Terbaru, Berikut ini merupakan Info Pendaftaran untuk Jalur Online STAN tahun 2015 perhatikan Pendaftaran melalui Online penyeleksian USM bagi STAN lewat Pendaftaran bagi STAN.ac.id
http://www.caraterbaru.web.id/2015/07/cara-pendaftaran-online-stan-terbaru.html
Pihak STAN setiap tahun menerima mahasiswa baru baik itu bagi lulusan mengengah atas maupun D3. Tidak sedikit calon mahasiswa yang mengfavouritekan sekolah tinggi ini, hal ini dikarenakan nantinya lulusan sekolah tinggi ini akan langsung mendapat penempatan di lembaga keperintahan, yang meliputi bagian keuangan dan kantor pajak. Baca selengkapnya>>

Minggu, 12 Juli 2015

Cara Download, instal dan main Point Blank Garena Indonesia

Inilah Point Blank Garena Indonesia, Cara Download, instal dan main Point Blank Garena Indonesia, Download Point Blank Garena Indonesia Terbaru, Point Blank adalah permainan yang banyak digemari dan kini berpindah ke tangan garena Indonesia
http://www.caraterbaru.web.id/2015/07/inilah-point-blank-garena-indonesia.html
Garena Indonesia terkenal sebagai penyedia platform Internet konsumen yang berbasis di Asia, dengan 17 juta pengguna aktif bulanan pada PC dan 11 juta di ponsel. Awalya berdiri di Singapura pada tahun 2009 oleh Forrest Li dan teman-temannya. Point Blank kini terlihat lebih segar karena adanya penambahan mode, map, karakter dan senjata. Baca selengkapnya>>

Sabtu, 11 Juli 2015

iOS 8.4 for iPhone, iPad and iPod touch

Inilah Update iOS 8.4 Untuk iPhone, iPad dan iPod Touch, Download iOS 8.4 for iPhone, iPad and iPod touch, iOS 8.4 download links have just gone live for supported iPhone, iPad and iPod touch devices, This is the release version of iOS 8.4 for iPad, iPhone, and iPod touch.
http://www.caraterbaru.web.id/2015/07/inilah-update-ios-84-untuk-iphone-ipad.html
Pihak Apple baru saja merilis iOS 8.4 untuk iPhone, iPad dan iPod touch, bersama dengan Apple Music, namun layanan streaming musik masih harus meunggu. Baca selengkapnya>>

Jumat, 10 Juli 2015

Clash of Clans APK v7.156.4 for Android

Instal Game Clash Of Clans APK Terbaru, Download Clash of Clans 7.156.1, Download Clash of Clans APK v7.156.4 for Android (clash-of-clans.apk), Download Gratis Game Clash Of Clans Mod Apk Terbaru 2015
http://www.caraterbaru.web.id/2015/07/instal-game-clash-of-clans-apk-terbaru.html
 Instal Game Clash Of Clans APK Terbaru - Seperti yang kita ketahui bahwa Clash Of Clans adalah Video Game Kategori Strategi yang dikenalkan oleh Supercell yang diciptakan untuk sistem operasi Android pada 7 Oktober 2013 silam. Game ini adalah game yang sangat terkenal dan termasuk permainan strategi yang sangat digemari saat ini. Baca selengkapnya

Kamis, 09 Juli 2015

BBM Untuk Android Versi Terbaru

Inilah Cara Memperbarui BBM Android Versi Terbaru, Cara Upgrade BBM 2.9.0.44, Download BBM Untuk Android Versi Terbaru, Cara memperbarui BBM di Android, Download update dual BBM terbaru, Aplikasi Dual BBM versi terbaru, Cara Mengaktifkan Dua BBM Dalam satu ponsel android
http://www.caraterbaru.web.id/2015/07/inilah-cara-memperbarui-bbm-android.html
Sebenarnya pihak Blackberry tidak mengeluarkan rilis BBM resmi untuk tablet Android (misalnya pada BBM untuk samsung tab 4, dsb) dan iPad. Maka dari itu jika kita mau memperbarui BBM ke versi 2.9.0.44 maka kita harus mendownload file instalasi secara manual kemudian pasang aplikasinya. Baca selengkapnya>>

Selasa, 07 Juli 2015

Perangkat Pembelajaran Berkarakter SD Kelas 5 Semester 1 dan 2

RPP dan Silabus Berkarakter SD Kelas 5 Semester 1 dan 2, perangkat adalah alat atau perlengkapan, sedangkan pembelajaran adalah proses atau cara menjadikan orang belajar. Menurut Zuhdan, dkk (2011: 16) perangkat pembelajaran adalah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran.

Definisi Perangkat Pembelajaran Perangkat pembelajaran merupukan hal yang harus disiapkan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran. Dalam KBBI (2007: 17), perangkat adalah alat atau perlengkapan, sedangkan pembelajaran adalah proses atau cara menjadikan orang belajar. Menurut Zuhdan, dkk (2011: 16) perangkat pembelajaran adalah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran. Perangkat pembelajaran menjadi pegangan
bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium atau di luar kelas.

Dalam Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa penyusunan perangkat pembelajaran merupakan bagian dari perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus dan RPP yang mengacu pada standar isi. Selain itu, dalam perencanaan pembelajaran juga dilakukan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian, dan skenario pembelajaran. a.Silabus Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah menjelaskan bahwa silabus merupakan acuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran.

Silabus dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menegah sesuai dengan pola pembelajaran pada setiap tahun ajaran tertentu. Silabus digunakan sebagai acuan dalam pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran. Silabus untuk mata pelajaran SMA secara umum berisi: 1. Identitas mata pelajaran 2. Identitas sekolah meliputi nama satuan pendidikan dan kelas 3. Kompetensi inti, merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari peserta didik untuk semua jenjang pendidikan, kelas dan mata pelajaran. 4. Kompetensi dasar, berkaitan dengan kemampuan spesifik yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan yang terkait muatan atau mata pelajaran. 5. Materi pokok, memuat fakta, konsep, prinsip dan prosedur yang relevan dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi. 6. Pembelajaran, yaitu kegiatan yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. 7. Penilaian, merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik. 8. Alokasi waktu sesuai dengan jumlah jam pelajaran dalam struktur kurikulum untuk satu semester atau satu tahun, dan 9. Sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar atau sumber belajar lain yang relevan.

RPP Menurut Permendikbud No. 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran, bahwa tahap pertama dalam pembelajaran menurut standar proses yaitu perencanaan pembelajaran yang diwujudkan dengan kegiatan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Selanjutnya dijelaskan bahwa RPP adalah rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus. RPP mencakup beberapa hal yaitu: (1) Data sekolah, mata pelajaran, dan kelas/ semester; (2) Materi Pokok; (3) Alokasi waktu; (4) Tujuan pembelajaran, KD dan indikator pencapaian kompetensi; (5) Materi pembelajaran; metode pembelajaran; (6) Media, alat dan sumber belajar; (7) Langkah-langkah kegiatan pembelajaran; dan (7) Penilaian. c.Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Menurut Depdiknas (2007), LKS adalah lembaran yang berisi tugas yang harus dikerjakan oleh siswa. Tugas yang diperintahkan dalam LKS harus mengacu pada kompetensi dasar yang akan dicapai siswa. Tugas tersebut dapat berupa tugas teoritis dan tugas praktis (Abdul Majid, 2008: 176-177).

LKS digunakan sebagai sarana untuk mengoptimalkan hasil belajar peserta didik dan meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam proses belajar-mengajar. d.Instrumen Penilaian Penilaian bertujuan untuk mengumpulkan informasi tentang kemajuan belajar peserta didik. Dalam Permendikbud No. 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran dijelaskan bahwa penilaian dalam setiap mata pelajaran meliputi kompetnsi pengetahuan, kompetensi keterampilan dan kompetensi sikap. Penilaian dilakukan berdasarkan indikator-indikator pencapaian hasil belajar dari masing-masing domain tersebut. Ada beberapa teknik dan instrumen penilaian yang digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang kemajuan peserta didik baik berupa tes maupun non-tes antara lain tes tertulis, penilaian unjuk kerja, penilaian sikap, penilaian hasil karya, penilaian portofolio dan penilaian diri.

Sumber Pustaka: Kusumaningrum, Sih. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran PjBL untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kreativitas Siswa Kelas X. Tesis. Pascasarja UNY Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Zuhdan Kun Prasetyo, dkk. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu Untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas serta Menerapkan Konsep Ilmiah Peserta Didik SMP. Program Pascasarjana UNY.

Senin, 06 Juli 2015

Perangkat Pembelajaran Berkarakter SD Kelas 3 Semester 1 dan 2

RPP dan Silabus Berkarakter SD Kelas 3 Semester 1 dan 2, perangkat adalah alat atau perlengkapan, sedangkan pembelajaran adalah proses atau cara menjadikan orang belajar. Menurut Zuhdan, dkk (2011: 16) perangkat pembelajaran adalah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran.

Definisi Perangkat Pembelajaran Perangkat pembelajaran merupukan hal yang harus disiapkan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran. Dalam KBBI (2007: 17), perangkat adalah alat atau perlengkapan, sedangkan pembelajaran adalah proses atau cara menjadikan orang belajar. Menurut Zuhdan, dkk (2011: 16) perangkat pembelajaran adalah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran. Perangkat pembelajaran menjadi pegangan
bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium atau di luar kelas.

Dalam Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa penyusunan perangkat pembelajaran merupakan bagian dari perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus dan RPP yang mengacu pada standar isi. Selain itu, dalam perencanaan pembelajaran juga dilakukan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian, dan skenario pembelajaran. a.Silabus Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah menjelaskan bahwa silabus merupakan acuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran.

Silabus dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menegah sesuai dengan pola pembelajaran pada setiap tahun ajaran tertentu. Silabus digunakan sebagai acuan dalam pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran. Silabus untuk mata pelajaran SMA secara umum berisi: 1. Identitas mata pelajaran 2. Identitas sekolah meliputi nama satuan pendidikan dan kelas 3. Kompetensi inti, merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari peserta didik untuk semua jenjang pendidikan, kelas dan mata pelajaran. 4. Kompetensi dasar, berkaitan dengan kemampuan spesifik yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan yang terkait muatan atau mata pelajaran. 5. Materi pokok, memuat fakta, konsep, prinsip dan prosedur yang relevan dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi. 6. Pembelajaran, yaitu kegiatan yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. 7. Penilaian, merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik. 8. Alokasi waktu sesuai dengan jumlah jam pelajaran dalam struktur kurikulum untuk satu semester atau satu tahun, dan 9. Sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar atau sumber belajar lain yang relevan.

RPP Menurut Permendikbud No. 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran, bahwa tahap pertama dalam pembelajaran menurut standar proses yaitu perencanaan pembelajaran yang diwujudkan dengan kegiatan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Selanjutnya dijelaskan bahwa RPP adalah rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus. RPP mencakup beberapa hal yaitu: (1) Data sekolah, mata pelajaran, dan kelas/ semester; (2) Materi Pokok; (3) Alokasi waktu; (4) Tujuan pembelajaran, KD dan indikator pencapaian kompetensi; (5) Materi pembelajaran; metode pembelajaran; (6) Media, alat dan sumber belajar; (7) Langkah-langkah kegiatan pembelajaran; dan (7) Penilaian. c.Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Menurut Depdiknas (2007), LKS adalah lembaran yang berisi tugas yang harus dikerjakan oleh siswa. Tugas yang diperintahkan dalam LKS harus mengacu pada kompetensi dasar yang akan dicapai siswa. Tugas tersebut dapat berupa tugas teoritis dan tugas praktis (Abdul Majid, 2008: 176-177).

LKS digunakan sebagai sarana untuk mengoptimalkan hasil belajar peserta didik dan meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam proses belajar-mengajar. d.Instrumen Penilaian Penilaian bertujuan untuk mengumpulkan informasi tentang kemajuan belajar peserta didik. Dalam Permendikbud No. 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran dijelaskan bahwa penilaian dalam setiap mata pelajaran meliputi kompetnsi pengetahuan, kompetensi keterampilan dan kompetensi sikap. Penilaian dilakukan berdasarkan indikator-indikator pencapaian hasil belajar dari masing-masing domain tersebut. Ada beberapa teknik dan instrumen penilaian yang digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang kemajuan peserta didik baik berupa tes maupun non-tes antara lain tes tertulis, penilaian unjuk kerja, penilaian sikap, penilaian hasil karya, penilaian portofolio dan penilaian diri.

Sumber Pustaka: Kusumaningrum, Sih. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran PjBL untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kreativitas Siswa Kelas X. Tesis. Pascasarja UNY Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Zuhdan Kun Prasetyo, dkk. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu Untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas serta Menerapkan Konsep Ilmiah Peserta Didik SMP. Program Pascasarjana UNY.

Minggu, 05 Juli 2015

Perangkat Pembelajaran SMA Terbaru Kelas X, XI, XII Kurikulum 2013

RPP dan Silabus SMA Terbaru Kelas X, XI, XII Kurikulum 2013,perangkat adalah alat atau perlengkapan, sedangkan pembelajaran adalah proses atau cara menjadikan orang belajar. Menurut Zuhdan, dkk (2011: 16) perangkat pembelajaran adalah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran.

Definisi Perangkat Pembelajaran Perangkat pembelajaran merupukan hal yang harus disiapkan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran. Dalam KBBI (2007: 17), perangkat adalah alat atau perlengkapan, sedangkan pembelajaran adalah proses atau cara menjadikan orang belajar. Menurut Zuhdan, dkk (2011: 16) perangkat pembelajaran adalah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran. Perangkat pembelajaran menjadi pegangan
bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium atau di luar kelas.

Dalam Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa penyusunan perangkat pembelajaran merupakan bagian dari perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus dan RPP yang mengacu pada standar isi. Selain itu, dalam perencanaan pembelajaran juga dilakukan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian, dan skenario pembelajaran. a.Silabus Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah menjelaskan bahwa silabus merupakan acuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran.

Silabus dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menegah sesuai dengan pola pembelajaran pada setiap tahun ajaran tertentu. Silabus digunakan sebagai acuan dalam pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran. Silabus untuk mata pelajaran SMA secara umum berisi: 1. Identitas mata pelajaran 2. Identitas sekolah meliputi nama satuan pendidikan dan kelas 3. Kompetensi inti, merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari peserta didik untuk semua jenjang pendidikan, kelas dan mata pelajaran. 4. Kompetensi dasar, berkaitan dengan kemampuan spesifik yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan yang terkait muatan atau mata pelajaran. 5. Materi pokok, memuat fakta, konsep, prinsip dan prosedur yang relevan dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi. 6. Pembelajaran, yaitu kegiatan yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. 7. Penilaian, merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik. 8. Alokasi waktu sesuai dengan jumlah jam pelajaran dalam struktur kurikulum untuk satu semester atau satu tahun, dan 9. Sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar atau sumber belajar lain yang relevan.

RPP Menurut Permendikbud No. 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran, bahwa tahap pertama dalam pembelajaran menurut standar proses yaitu perencanaan pembelajaran yang diwujudkan dengan kegiatan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Selanjutnya dijelaskan bahwa RPP adalah rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus. RPP mencakup beberapa hal yaitu: (1) Data sekolah, mata pelajaran, dan kelas/ semester; (2) Materi Pokok; (3) Alokasi waktu; (4) Tujuan pembelajaran, KD dan indikator pencapaian kompetensi; (5) Materi pembelajaran; metode pembelajaran; (6) Media, alat dan sumber belajar; (7) Langkah-langkah kegiatan pembelajaran; dan (7) Penilaian. c.Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Menurut Depdiknas (2007), LKS adalah lembaran yang berisi tugas yang harus dikerjakan oleh siswa. Tugas yang diperintahkan dalam LKS harus mengacu pada kompetensi dasar yang akan dicapai siswa. Tugas tersebut dapat berupa tugas teoritis dan tugas praktis (Abdul Majid, 2008: 176-177).

LKS digunakan sebagai sarana untuk mengoptimalkan hasil belajar peserta didik dan meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam proses belajar-mengajar. d.Instrumen Penilaian Penilaian bertujuan untuk mengumpulkan informasi tentang kemajuan belajar peserta didik. Dalam Permendikbud No. 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran dijelaskan bahwa penilaian dalam setiap mata pelajaran meliputi kompetnsi pengetahuan, kompetensi keterampilan dan kompetensi sikap. Penilaian dilakukan berdasarkan indikator-indikator pencapaian hasil belajar dari masing-masing domain tersebut. Ada beberapa teknik dan instrumen penilaian yang digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang kemajuan peserta didik baik berupa tes maupun non-tes antara lain tes tertulis, penilaian unjuk kerja, penilaian sikap, penilaian hasil karya, penilaian portofolio dan penilaian diri.

Sumber Pustaka: Kusumaningrum, Sih. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran PjBL untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kreativitas Siswa Kelas X. Tesis. Pascasarja UNY Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Zuhdan Kun Prasetyo, dkk. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu Untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas serta Menerapkan Konsep Ilmiah Peserta Didik SMP. Program Pascasarjana UNY.

Sabtu, 04 Juli 2015

Perangkat Pembelajaran SMA Kelas X, XI, XII KTSP

RPP dan Silabus SMA Kelas X, XI, XII KTSP, perangkat adalah alat atau perlengkapan, sedangkan pembelajaran adalah proses atau cara menjadikan orang belajar. Menurut Zuhdan, dkk (2011: 16) perangkat pembelajaran adalah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran.

Definisi Perangkat Pembelajaran , Perangkat pembelajaran merupukan hal yang harus disiapkan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran. Dalam KBBI (2007: 17), perangkat adalah alat atau perlengkapan, sedangkan pembelajaran adalah proses atau cara menjadikan orang belajar. Menurut Zuhdan, dkk (2011: 16) perangkat pembelajaran adalah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran. Perangkat pembelajaran menjadi pegangan
bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium atau di luar kelas.

Dalam Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa penyusunan perangkat pembelajaran merupakan bagian dari perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus dan RPP yang mengacu pada standar isi. Selain itu, dalam perencanaan pembelajaran juga dilakukan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian, dan skenario pembelajaran. a.Silabus Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah menjelaskan bahwa silabus merupakan acuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran.

Silabus dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menegah sesuai dengan pola pembelajaran pada setiap tahun ajaran tertentu. Silabus digunakan sebagai acuan dalam pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran. Silabus untuk mata pelajaran SMA secara umum berisi: 1. Identitas mata pelajaran 2. Identitas sekolah meliputi nama satuan pendidikan dan kelas 3. Kompetensi inti, merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari peserta didik untuk semua jenjang pendidikan, kelas dan mata pelajaran. 4. Kompetensi dasar, berkaitan dengan kemampuan spesifik yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan yang terkait muatan atau mata pelajaran. 5. Materi pokok, memuat fakta, konsep, prinsip dan prosedur yang relevan dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi. 6. Pembelajaran, yaitu kegiatan yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. 7. Penilaian, merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik. 8. Alokasi waktu sesuai dengan jumlah jam pelajaran dalam struktur kurikulum untuk satu semester atau satu tahun, dan 9. Sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar atau sumber belajar lain yang relevan.

RPP Menurut Permendikbud No. 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran, bahwa tahap pertama dalam pembelajaran menurut standar proses yaitu perencanaan pembelajaran yang diwujudkan dengan kegiatan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Selanjutnya dijelaskan bahwa RPP adalah rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus. RPP mencakup beberapa hal yaitu: (1) Data sekolah, mata pelajaran, dan kelas/ semester; (2) Materi Pokok; (3) Alokasi waktu; (4) Tujuan pembelajaran, KD dan indikator pencapaian kompetensi; (5) Materi pembelajaran; metode pembelajaran; (6) Media, alat dan sumber belajar; (7) Langkah-langkah kegiatan pembelajaran; dan (7) Penilaian. c.Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Menurut Depdiknas (2007), LKS adalah lembaran yang berisi tugas yang harus dikerjakan oleh siswa. Tugas yang diperintahkan dalam LKS harus mengacu pada kompetensi dasar yang akan dicapai siswa. Tugas tersebut dapat berupa tugas teoritis dan tugas praktis (Abdul Majid, 2008: 176-177).

LKS digunakan sebagai sarana untuk mengoptimalkan hasil belajar peserta didik dan meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam proses belajar-mengajar. d.Instrumen Penilaian Penilaian bertujuan untuk mengumpulkan informasi tentang kemajuan belajar peserta didik. Dalam Permendikbud No. 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran dijelaskan bahwa penilaian dalam setiap mata pelajaran meliputi kompetnsi pengetahuan, kompetensi keterampilan dan kompetensi sikap. Penilaian dilakukan berdasarkan indikator-indikator pencapaian hasil belajar dari masing-masing domain tersebut. Ada beberapa teknik dan instrumen penilaian yang digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang kemajuan peserta didik baik berupa tes maupun non-tes antara lain tes tertulis, penilaian unjuk kerja, penilaian sikap, penilaian hasil karya, penilaian portofolio dan penilaian diri.

Sumber Pustaka: Kusumaningrum, Sih. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran PjBL untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kreativitas Siswa Kelas X. Tesis. Pascasarja UNY Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Zuhdan Kun Prasetyo, dkk. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu Untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas serta Menerapkan Konsep Ilmiah Peserta Didik SMP. Program Pascasarjana UNY.